Home

iklan

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 18 November 2011

Pengaruh warna kendaraan pada konsumsi bahan bakar

Salam solidarity,

Selama ini mungkin kita tidak terlalu memperhatikan pengaruh dari warna kendaraan terhadap konsumsi bahan bakar. Kita lebih cenderung memilih warna kendaraan adalah yang sesuai dengan selera kita. Mungkin setelah membaca artikel berikut ini rekan-rekan akan dapat merubah pola pikir dalam memilih warna kendaraan dan juga bisa dijadikan referensi bagi yang sedang akan membeli kendaraan :).

Berikut ini saya kutip sebuah artikel dari planethijau.com yang berjudul "Warna turut menghemat pemakaian bahan bakar mobil anda".

Warna selalu berkaitan dengan masalah selera. Kesukaan terhadap warna tertentu juga membawa seseorang untuk memilih mobil berdasarkan warnanya. Warna putih yang akhir-akhir ini sering dijumpai pada mobil baru adalah tren saat ini. Warna ini memberikan kesan bersih dan cerah pada sebuah mobil. Sementara warna gelap memberikan kesan elegan dan berkelas. Apapun pilihan warna Anda, perlu Anda ketahui bahwa warna turut menyumbang penghematan bahan bakar mobil Anda.

Menurut hasil sebuah riset yang dipublikasikan di jurnal Applied Energy, warna putih atau silver justru
menjadikan mobil lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. Para peneliti, Ronnen Levinson bersama koleganya, di sebuah institusi riset Berkeley Lab Environmental Energy Technologies Division (EETD), Amerika Serikat, melakukan penelitian terhadap mobil-mobil dengan warna cerah dan gelap. Para peneliti tersebut menggunakan dua mobil sejenis yang berwarna perak dan hitam.

Dua mobil Honda Civic diparkir menghadap ke selatan selama satu jam. Pengukuran dilakukan sebanyak 5 siklus dengan masing-masing siklusnya dimulai dengan satu jam tanpa pengkondisi udara dan kemudian diikuti setengah jam menyalakan pengkondisi udara. Atap, langit-langit, dashboard, kaca depan, tempat duduk, pintu, ventilasi udara dan udara di dalam ruangan merupakan parameter-parameter yang diukur.

Hasilnya, mobil berwarna silver memiliki suhu udara dalam kabin yang lebih rendah 5-6°C dibanding mobil berwarna hitam. Selain itu penghematan bahan bakar yang bisa dicapai adalah sebesar 2 persen. Emisi karbon dioksida dan emisi gas lainnya juga turun 1,9 persen dan 1 persen.
eetd.lbl.gov

Tidak ada komentar: