Home

iklan

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 03 Juli 2011

News : Keriput Pada Jari yang Basah Fungsinya Mirip Guratan Ban Mobil

Salam Solidarity!

Sumber : detikealth

Banyak yang belum kita ketahui fungsi dari kejadian-kejadian yang ada di dalam tubuh ini yang kemudian dapat menginspirasi kita dalam membuat sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya tentunya yang terdapat dalam berita yang satu ini, yaitu "keriput pada jari yang basah fungsinya mirip guratan ban mobil". Tentunya berita ini sangat bermanfaat bagi kita. Berikut merupakan beritanya yang dikutip dari detikHealth.

Boise, Idaho, Ketika terendam air, jari manusia lama kelamaan akan tampak keriput karena muncul guratan-guratan di permukaan kulitnya. Menurut penelitian, guratan-guratan itu fungsinya mirip ban basah yang dipakai pada mobil balap saat cuaca hujan.

Keriput atau guratan-guratan pada jari manusia saat terendam air dalam waktu yang agak lama terjadi karena kulit menyerap air. Munculnya guratan-guratan tersebut sering tak terhindarkan ketika terlalu lama mandi, berenang maupun setelah kehujanan.

Selama ini, para ahli meyakini bahwa munculnya keriput di jari dan telapak tangan merupakan bukti bahwa kulit manusia tidak didesain untuk direndam terlalu lama di dalam air. Jika kulit mulai keriput, maka tandanya



harus segera berhenti mandi atau berenang.

Namun penelitian terbaru dari 2AI Labs di Boise, Idaho membuktikan bahwa mekanisme yang terjadi sesungguhnya tak sesederhana itu. Keriput yang muncul berfungsi untuk memberi cengkeraman yang lebih kuat pada jemari saat memegang sesuatu dalam kondisi basah dan licin.

Mekanisme ini mirip dengan alur ban pada roda kendaraan, khususnya mobil atau motor balap. Saat melintasi sirkuit dalam kondisi hujan, mobil atau motor balap menggunakan ban basah yang memiliki banyak guratan di permukaannya agar tidak mudah tergelincir.

Guratan pada ban maupun jari yang keriput karena terendam air berfungsi untuk mengalirkan cairan. Kekuatan cengkeraman akan berkurang jika ada air di antara permukaan ban dengan aspal jalanan, maupun antara jari dengan benda yang dipegangnya.

Tipe ban untuk lintasan berair ini memiliki desain yang berbeda dengan tipe ban untuk lintasan kering. Untuk lintasan kering atau disebut ban kering, guratannya lebih sedikit atau kadang-kadang malah nyaris gundul sehingga disebut juga 
slick tyre.

"Saya terjebak dalam teori yang usianya hampir seabad dan baru kali ini menyadari bahwa guratan keriput di jari memiliki fungsi tersendiri," ungkap Mark Changizi dari 2AI Labs yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip dari 
Dailymail, Minggu (3/7/2011).




Semoga menginspirasi rekan-rekan

Tidak ada komentar: