Home

iklan

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 22 Juni 2011

Apapun bisa digunakan untuk berkreasi : Siswa-Siswa SMU di New Jersey Manfaatkan Barang Bekas Untuk Membuat Turbin Angin

Salam Solidarity!

Apapun bisa digunakan untuk berkreasi. Ya, itulah yang telah dilakukan oleh Siswa siswi SMU di New Jersey, Amerika Serikat, mereka memanfaatkan barang bekas untuk membuat turbin angin sederhana. Berbagai bentuk disain dan ilmu teknologi turbin angin pun mereka aplikasikan. Berikut ini merupakan beritanya yang dikutip dari planethijau.com.

Membuat turbin angin ternyata bukan hanya dominasi insinyur ataupun pakar turbin angin, siswa setingkat SMU pun bisa membuatnya dan hanya dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak lagi terpakai.

Di Cape May Technical High School, New Jersey, Amerika Serikat, siswa-siswa di sekolah tersebut membuat sebuah proyek untuk memanfaatkan berbagai macam barang bekas yang umumnya akan dibuang begitu saja di tempat pembuangan sampah, menjadi turbin-turbin angin yang sederhana tetapi bisa berfungsi dengan baik.


Pipa PVC, ember, besi galvanis, rangka dan spare part sepeda, semuanya bekas dan tidak lagi dipergunakan, mereka ubah menjadi turbin angin beraneka desain dan bentuk, umumnya dengan sumbu vertikal.

Beruntung, di tepi pantai Cape May Courthouse, New Jersey, angin bertiup dengan kecepatan mencapai 10 meter per detik hingga mampu menghasilkan energi setara 500 Watt.

Barang bekas dan sedikit kreativitas ternyata bisa menghasilkan listrik dari sumber energi yang ramah lingkungan. Tertarik mencoba?

Tidak ada komentar: