Home

iklan

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 04 September 2010

NEC Persiapkan Telepon Genggam Masa Depan Terbuat Dari Biji Jambu Mede

dari planethijau.com

Kita sering melihat iklan di televisi telepon genggam yang berbalutkan intan berlian, atau emas yang berkilau yang harganya sangat mahal. mungkin anda akan sedikit merasa aneh akan berita yang satu ini yang dikutip dari planethijau.com. nah bagi anda yang mengambil konsentrasi material ini merupakan pengetahuan tambahan bagi anda, atau bahkan bisa menjadi inspirasi.Selamat membaca, berikut tulisannya


Jika Anda menginginkan telepon seluler yang lebih ramah lingkungan, maka ada baiknya Anda menunggu produk yang akan diluncurkan olehNEC. Perusahaan Jepang tersebut saat ini sedang mengembangkan bioplastik --plastik yang terbuat dari bahan-bahan organik-- yang akan digunakan untuk telepon genggam produksinya.

Meski saat ini sudah banyak bioplastik yang terbuat dari bahan organik juga, tetapi perbandingan antara bahan organik dengan bahan non-organik --biasanya untuk bahan-bahan tambahan berasal dari minyak bumi-- masih belum memadai. Komposisi bahan non-organik masih lebih besar jika dibanding bahan organik.

Selulose sebagai pengganti komponen minyak bumi saat ini menjadi bahan utama bioplastik. Sayangnya hingga saat ini bioplastik yang telah mulai banyak digunakan --seperti PLA (Polylactic acid)-- masih mengandalkan selulosa yang berasal dari tanaman yang bisa dikonsumsi manusia. Selulosa tersebut tidak bisa langsung digunakan sebelum diolah atau dimodifikasi terlebih dahulu oleh bahan tambahan terbuat dari minyak bumi yang berfungsi sebagai dispersan.

Karenanya pembuatan bioplastik juga diarahkan untuk menggunakan bahan yang bersumber bukan dari tanaman yang bisa dikonsumsi manusia, dan yang paling banyak digunakan adalah resin poliamid yang didapat dari minyak kesturi. Hanya saja pasokan bahan baku dan karakteristik yang kurang sesuai untuk aplikasi pada perangkat elektronik, masih menjadi masalah.

Berangkat dari hal-hal tersebut NEC mencoba mengembangkan bioplastik yang sebanyak 70% terbuat dari campuran selulosa dengancardanol --komponen utama dari biji jambu mede-- sebagai pengganti bahan-bahan tambahan yang digunakan untuk memodifikasi selulosa.

Hasilnya, menurut NEC, kekurangan-kekurangan yang terdapat pada bioplastik saat ini, seperti tidak tahan panas dan air, serta perbandingan komposisi organik dan non-roganik menjadi lebih baik. Jika tidak ada kendala yang berarti maka bioplastik biji jambu mede NEC akan mulai digunakan sekitar tiga tahun lagi.
cellular-news

Tidak ada komentar: