Home

iklan

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 30 Juli 2010

Perpindahan Panas (tips n Trik) session konveksi

Assalamu'alaikum.

Apa kabar pembaca setia blog mesin unila 2006?semoga anda semua dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun. Ya baiklah, kali ini saya sebagai salah satu kontributor sekaligus admin blog ini ingin berbagi (share) tips n trik kuliah perpindahan panas II. Tips ini saya dapatkan dari dosen saya pak indra. "Secara umum alur penyelesaian permasalahan konveksi, terutama konveksi paksa adalah seperti ini" begitu lah yang disampaikan beliau setelah memberikan tips dan trik pada kuliahnya. Berikut ini tips nya :

Pertama, untuk menyelesaikan suatu permasalahan konveksi yang perlu kita ketahui adalah geometri dari benda yang mengalami konveksi, misalnya, apakah bendanya itu plat datar, pipa silinder, berkas pipa, bola, dan lain-lain.

Kedua, yang perlu kita lakukan adalah mengetahui sifat-sifat dari fluida dan objek yang terlibat, seperti miu, k, Cp, dan lain-lain.Itu dapat kita dapatkan dari tabel yang telah disediakan, misalnya tabel pada buku Incropera

Ketiga, setelah mendapatkan itu, maka barulah kita mulai mencari bilangan renold dan prandlt, bilangan ini sangat diperlukan untuk, tahapan selanjutnya. Pada kasus plat datar misalnya kita dapat mengetahui jenis aliran konveksi apakah dia laminar atau turbulen dengan melihat besar nilai dari bilangan ini. Begitu pula dengan kasus-kasus lainnya. Untuk mengetahui ketetapan-ketetapan tersebut, "bacalah buku yang kamu punya itu", kata pak indra menasihati, hhe.



Keempat, dengan diketahui bilangan renold (Re) dan prandlt (Pr), berikut menyesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang ada di buku, maka untuk tahapan selanjutnya kita dapat menghitung nilai dari Nusselt (Nu).

Kelima, dengan mengetahui nilai Nusselt (Nu), maka selanjutnya kita dapat mendapatkan nilai dari h.

Keenam, dengan kita mengetahui nilai h, maka kita akan dapat menentukan nilai dari Q.

Yap, itulah tips dan trik belajar Perpindahan panas konveksi dari pak indra. Tips dan trik ini berlaku secara umum. Jika ada permasalahan-permasalahan yang berbeda, itu hanya merupakan modifikasi-modifikasi agar kita dapat menganalisa permasalahan dengan baik.

Semoga bermanfaat. ^_^

1 komentar:

SOLO LIFE mengatakan...

ya saya sudah,..dan amazing..